Thursday, August 13, 2009

hauptbahnhof in Berlin, Stasiun Gambir di Jakarta



Sekilas houpbahnhof di Berlin ini tidak terlihat seperti stasiun pada umunya, bahkan ketika pertama kali saya melihatnya layaknya seperti mall-mall di Jakarta karena kemegahannya. Houptbahnhof adalah bahasa Jerman yang berarti Stasiun utama, layaknya Stasiun Gambir di Jakarta. Houptbahnhof ini adalah salah satu bangunan di Jerman yang pengerjaan dilakukan 24 jam sebagai bagian dari program untuk memudahkan para penggila bola melakukan perjalanan di Jerman dalam rangka Piala Dunia 2006.

Kecanggihan houptbahnhof ini sungguh menakjubkan. Stasiun dengan beberapa lintasan rel yang bertingkat-tingkat, dan meskipun kereta api hilir mudik di dalam stasiun ini, namun saya sendiri tidak merasakan kebisingan yang berarti seperti kebisingan yang saya rasakan pada waktu berada di Stasiun Gambir. Entah teknologi apa yang mereka gunakan untuk meredam suara-suara bising kereta, yang jelas sungguh nyaman berada di dalam houpbahnhof ini.

Selain kereta dan para penumpang yang berseliweran, di dalam houptbahnhof ini sudah seperti berada di dalam Bandara Internasional saja. Terlihat beberapa counter-counter branded memajang barang dagangan mereka. Semua yang dibutuhkan oleh pengguna transportasi kereta terakomodir di dalam Houptbahnhof.

Sering saya membayangkan seandainya Stasiun Gambir berubah seperti Houptbahnhof ini, atau minimal suara kebisingan kereta-kereta yang ada dapat dikurangi sehingga kenyamanan para pengguna jasa kereta api semakin membaik. Dengan begitu tentunya konsumen yang akan menggunakan jasa kereta api di Indonesiapun akan semakin meningkat.

No comments: