Thursday, June 10, 2010

Mbalik Ndeso

Sudah setahun lebih aku tinggal di Berlin ini dan belum pernah merasakan rasanya pulang kampung. Tapi, aku sudah punya tiket Qatar untuk pulang. Kapan?? hehe.. Pekan depan aku sudah bisa pulang tanggal 18 Juni 2010, dan ini akan menjadi pengalaman yang sangat berarti bagiku. Pengalaman pulang kampung dari Eropa sendirian lagi. Kalau ibuku tahu bisa kepikiran terus tuh anak bontotnya pulang sendirian (trus gmn ya bu? hehe)

Tapi ya beginilah nasib pekerja migran, dapat jatah cuti cuman 14 hari kerja plus perjalanan pesawatnya 5 hari. Ya mau gimana lagi jal, namanya juga buruh. Bedain dong ya kalau sudah jadi juragan, tentu akan berbeda keadaannya. Pulangnya bisa sewaktu-waktu dan masalah biaya perjalanan tidak pernah terpikirkan karena uang bukanlah halangan yang penting bisnis atau pekerjaannya tuntas. Tapi semua harus disyukuri tho.. bisa beli tiket PP Berlin-Jakarta dengan jerih payah sendiri suatu mimpi yang bagiku musatahal bin mustahil dulunya, dan sekarang ternyata bisa.

Hari-hari kalau dipikirkan itu rasanya luaaama ya. Selalu dihitung dan hitung lagi. Dan sekarang ini tanggal 10 Juni 2010, praktis kurang 8 hari lagi aku akan terbang ke Jakarta. Sayangnya aku baru nyampe Jakarta jam 21.30, jadinya gak bisa langsung meneruskan perjalanan ke Semarang, walhasil harus menghubungi rekan-rekan yang weekend itu ada di Jakarta untuk sekedar silaturahmi dan numpang transit. Dan munkin pagi harinya baru aku akan melanjutkan perjalanan ke Semarang dengan kereta saja karena bagasiku mungkin sekitar 30kg, dan menrut info bagasi untuk penerbangan domestik maksimal 20 kg, jadi daripada mbayar mahal untuk tiket pesawatnya dan juga nambah overloadnya mendingan naik kereta yang bisa sembari tidur dan juga menikmati pemandangan yang sudah lama tidak kulihat lagi.

Aku sendiri saat ini masih bingung bagaimana akan berekspresi ketika kakiku kembali menginjakkan jakarta, atau bahkan nantinya akan menginjakkan kaki di rumah ayah ibuku tercinta di Weleri. (Ada saran?). Ya semoga saja aku tidak pingsan begitu memasuki pintu rumah. Semua kenangan akan langsung membahana dalam benakku, kembali bangkit segala rasa masa alalu yang pernah pudar. Cant wait for next Friday 18, June 2010.

Berlin, 22.48 10.06.2010
Pengen ndang balikkk..

No comments: