Thursday, March 8, 2007

Mengenal di Akhir....(???)


Pagi ini sesampainya di kantor langsung aku duduk di mejaku untuk membuka berita-berita online seputar terbakarnya pesawat GIA di bandara Adi SUcipto, Yogyakarta. Diantara para korban tewas ada seorang mantan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Dr. Koesnadi Hardjasoemantri, yang juga ahli dalam hukum lingkungan.

Setelah beberapa saat kucermati "ahli hukum lingkungan", ingatanku langsung tertuju pada buku tebal hijau yang pernah aku cari-cari di Perpustakaan Daerah Semarang untuk mengerjakan tugas Hukum Lingkunganya Pak Untung. Iya...bener itu orangnya yang buat buku kan....

Bahkan aku tau itu buku rujukan Hukum Lingkungan juga dari Rara yang saat itu kebetulan juga lagi ambil mata kuliah yang sama.

Tidak hanya kali aku selalu merasa terlambat untuk lebih mengenal seseorang, bahkan ketika Cak Nur meninggalpun rasanya aku telah kehilangan seorang guru yang belum sempat mengajarkan secara langsung kepadaku tentang ilmu-ilmu yang dikuasainya.

Tapi "idza ja'a 'ajaluhum la yasta'khiruna sa'atan aw yasta'dimun". Semoga jasa-jasa beliau dalam memberikan ilmunya kepada murid, mahasiswa dan masyarakat menjadi amal jariah yang tak terputus, Amin.

Selamat Jalan Bapak Ahli Hukum Lingkungan......Prof. Dr. Koesnadi Hardjasoemantri.

No comments: